Khasiat dan Manfaat Pisang

31 views

Manfaat Pisang Bagi Tubuh

Pisang adalah buah yang bisa didapatkan dengan mudah di Indonesia, macam-macam jenis buah pisang membuat masyarakat juga bisa memilih jenis pisang yang paling disukai termasuk juga bisa menyesuaikan dengan budget yang dimiliki.
Sebab ada beberapa jenis buah pisang yang dijual dengan harga yang relatif mahal, dan sebaliknya ada pula jenis pisang tertentu yang bisa didapatkan dengan sangat murah. Buah pisang memiliki banyak sekali kandungan kalori sehingga sangat bagus untuk kita yang sedang menjalankan program penurunan berat badan.
Sebab kandungan kalori dari buah pisang 2 kali lipat lebih banyak dari kalori yang terkandung pada buah apel. Dari segi harga, buah pisang juga cenderung lebih terjangkau dibandingkan dengan buah apel.
Selain kaya akan kandungan kalori, pisang juga memiliki kandungan lain yang juga sangat bermanfaat untuk tubuh manusia, diantarnya adalah vitamin C, Serotonin, zat besi dan juga kalsium. Mengingat bahwa kandungan dari buah pisang yang cukup banyak, maka sudah barang tentu buah yang akan berubah warna menjadi kuning saat matang ini memiliki manfaat yang banyak pula, diantaranya adalah sebagai berikut :
• Merangsang perasaan bahagia
Selama ini coklat diklaim mampu meningkatkan perasaan bahagia, namun mengkonsumsi terlalu banyak coklat akan membuat kesehatan tubuh terganggu karena coklat memiliki kandungan lemak yang cukup banyak.
Sangat berbeda dengan pisang yang juga sama-sama bisa merangsang perasaan bahagia, namun nyaris bebas lemak, sehingga sangat aman untuk kesehatan. Pisang memiliki kandungan tryptophan, kandungan tersebutlah yang berperan penting untuk membuat mood seseorang selalu dalam kondisi positif. Mengkonsumsi satu buah pisang sebelum tidur diklaim dapat meningkatkan fungsi otak ketika tidur, sehingga nantinya tubuh akan kembali terasa segar ketika terjaga.
• Mengatasi hipertensi
Bagi anda yang pernah mengalami hipertensi atau tekanan darah tinggi maka mulai saat ini anda bisa rutin mengkonsumsi pisang setiap harinya. Karena kandungan kalium yang ada pada buah pisang mampu membantu mengendurkan dinding pembuluh darah sehingga secara otomatis akan membuat tekanan darah berjalan dengan normal.
Untuk diketahui bahwa kandungan kalium yang ada pada satu buah pisang adalah sebanyak 422 mg, sementara itu penderita hipertensi dianjurkan untuk mengkonsumsi kalium sebanyak 4700 mg. Dengan kata lain, penderita hipertensi bisa mengkonsumsi 5 hingga 6 buah pisang setiap harinya. Kebutuhan kalium yang belum terpenuhi oleh buah pisang bisa didapatkan dari sumber makanan lain.
Sebab meskipun pisang merupakan buah yang memiliki segudang manfaat tetapi mengkonsumsinya terlalu berlebihan juga akan menimbulkan masalah, karena jika kalium yang ada pada pisang terakumulasi dalam jumlah yang berlebihan, maka akan mengganggu sistem kerja organ ginjal.
• Terhindar dari Anemia
Kekurangan hemoglobin bisa menjadikan seseorang menderita anemia, namun kejadian tersebut bisa dicegah ataupun diobati dengan cara mengkonsumsi buah pisang segar dalam jumlah yang wajar. Salah satu kandungan pisang yaitu Zat Besi sangat bermanfaat untuk membantu menjaga kadar hemoglobin agar tetap ideal.
• Menyeimbangkan gula darah
Gula darah yang berlebihan akan menimbulkan penyakit diabetes, rupanya penyebabnya tidak hanya karena obesitas atau konsumsi makanan dalam jumlah yang berlebihan saja tetapi ada juga kasus-kasus tertentu yang terkait diabetes disebabkan oleh kinerja insulin yang kurang maksimal. Rupanya, buah pisang mampu meningkatkan fungsi kerja insulin sehingga gula darah dalam tubuh akan selalu stabil.
• Menjaga organ jantung
Untuk upaya pencegahan penyakit jantung, mengkonsumsi buah pisang adalah salah satu alternatif yang sangat baik, kandungan kalium dari buah ini bisa membantu membuat peredaran darah menjadi lebih lancar yang secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kerja dari organ jantung yang menjadi lebih ringan.
Tetapi, perlu diketahui bahwa penderita jantung yang parah kurang disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalium terlalu tinggi, karena hal tersebut cukup membahayakan. Oleh sebab itu meskipun pisang bebas dari kandungan lemak, bagi penderita jantung hendaknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi pisang secara rutin.
• Merawat organ pencernaan
Pencernaan manusia membutuhkan banyak sekali serat, dengan mengkonsumsi makanan kaya serat maka sistem pencernaan akan sangat terbantu. Disamping itu makanan yang demikian ini juga akan membuat kita merasa kenyang dalam waktu yang lama.
Buah pisang memiliki serat yang akan membuat kita terhindar dari susah BAB ataupun sembelit. Selain itu, pisang juga membantu organ pencernaan kita untuk lebih tahan terhadap penyakit ataupun peradangan.
• Menangkal radikal bebas
Pisang kaya akan vitamin diantaranya adalah vitamin A, C dan E. Kandungan lain yang berfungsi menangkal radikal bebas adalah beta karoten, selenium dan juga lutein. Salah satu manfaat dari buah pisang ini dapat menjaga tubuh untuk terhindar dari pertumbuhan sel kanker.
Tersebut di atas adalah informasi yang berkaitan dengan manfaat yang luar biasa dari buah pisang, mengkonsumsi buah pisang untuk menjaga kesehatan akan lebih baik jika langsung mengkonsumsinya tanpa diolah terlebih dahulu, karena jika sudah digoreng ataupun dijadikan sebagai menu makanan lain akan mengurangi manfaat dari buah pisang.


Leave a reply "Khasiat dan Manfaat Pisang"