Kenali Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan Yang Paling Efektif

19 views

Penyebab Mimisan

Mimisan ditandai dengan keluarnya darah dari hidung, keadaan yang demikian ini biasanya akan membuat orang panik, apalagi umumnya mimisan akan dialami oleh anak-anak. Sebenarnya mimisan bukan satu hal yang membahayakan, karena secara alamiah akan berhenti dengan sendirinya. Dikatakan tidak berbahaya karena memang sumber pendarahan berasal dari pembuluh darah vena yang merupakan jenis pembuluh darah yang sangat halus dan juga kecil, sehingga tidak akan membuat penderita mimisan akan mengalami kehilangan banyak darah.
Kondisi psikis yang kurang stabil misalnya stress, depresi ataupun kelelahan yang teramat sangat bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya mimisan. Setelah diteliti secara lebih detail, ternyata mimisan disebabkan oleh 2 hal utama diantaranya adalah sebagai berikut.

Penyebab mimisan di area hidung ( lokal )

Penyebab yang satu ini akan muncul ketika hidung mengalami gangguan, diantaranya adalah sebagai berikut.

• Hidung terbentur atau terkena sentuhan keras
Ketika terjadi benturan dan mengenai hidung maka secara otomatis kondisi tersebut akan mempengaruhi lapisan hidung bagian dalam atau yang biasa disebut dengan mukosa. Benturan tersebut membuat hidung trauma dan mengeluarkan darah akibat terluka.
Alasan lain mengapa hal ini bisa terjadi adalah karena hidung mendapat sentuhan yang terlalu kuat, misalnya anak-anak yang berusaha membersihkan kotoran hidung dengan menggunakan jari dan tidak sengaja melakukannya terlalu dalam, maka hal tersebut juga bisa menjadi penyebab pendarahan pada mukosa sehingga menimbulkan mimisan.

• Iritasi hidung
Iritasi bisa disebabkan oleh berbagai hal misalnya akibat udara yang terlalu kering atau juga terlalu lembab. Kondisi udara yang tidak normal ini memaksa mukosa atau lapisan hidung bagian dalam untuk melakukan adaptasi, jika kondisi ini terlalu sering dialami maka yang terjadi adalah pendarahan pada pembuluh darah.

• Bentuk hidung abnormal
Yang sering terjadi adalah beberapa orang yang kerap menderita mimisan memiliki tulang hidung yang bengkok, ketidaknormalan bentuk tulang hidung ini mengakibatkan rongga hidung menjadi kering dan mudah mengalami iritasi.

• Tumor hidung
Tumor adalah penyakit yang memang sangat ditakuti oleh sebagian besar orang, pada beberapa kasus medis menunjukkan adanya keluhan mimisan yang terus menerus dan setelah diperiksa lebih lanjut ternyata terdapat benjolan pada hidung yang merupakan tumor. Adapun jenis tumor yang umumnya muncul di area hidung baik itu tumor jinak maupun ganas sama-sama akan menunjukkan gejala yang sama yakni mimisan.

Penyebab Mimisan Sistemik

Selain penyebab lokal atau penyebab dari hidung itu sendiri, mimisan juga bisa terjadi karena sebab lain yang tidak ada hubungannya dengan hidung.

• Hemophilia
Hemophilia merupakan salah satu jenis kelainan pada tubuh manusia yang menunjukkan gejala mudahnya mengalami pendarahan akibat kurang baiknya sistem pembekuan darah pada tubuhnya. Penderita penyakit ini akan sering mengalami mimisan tanpa adanya sebab yang terlalu signifikan.

• Hipertensi atau tekanan darah tinggi
Hipertensi biasanya dialami oleh mereka yang memiliki kadar kolesterol terlalu tinggi di dalam darah dan biasanya identik dengan orang-orang dewasa. Rupanya hipertensi tidak hanya akan menyebabkan rasa sakit kepala saja melainkan juga bisa memunculkan pendarahan dari hidung atau mimisan.

• Sakit kepala sebelah atau migrain
Bagi penderita migrain perlu berhati-hati karena rupanya gangguan rasa sakit kepala sebelah ini bisa menimbulkan mimisan. Migrain terjadi karena adanya perubahan ukuran pembuluh darah yakni menjadi lebih lebar dari sebelumnya, gerakan ini tentu menimbulkan kontraksi pada pembuluh darah dan menimbulkan mimisan. Namun rupanya untuk orang dewasa migrain tidak akan meningkatkan risiko mimisan, karena pembuluh darah orang dewasa sudah terbilang kuat dan tebal, migrain yang bisa mengakibatkan mimisan akan mudah dialami oleh anak-anak yang memiliki pembuluh darah yang masih tipis dan mudah pecah.

Hal yang perlu dilakukan saat mengalami mimisan adalah tetap tenang dan jangan sekali-kali berusaha untuk mendongakkan kepala dengan harapan darah tidak keluar lagi dari hidung. Tindakan tersebut sangat membahayakan karena darah bisa masuk ke bronkus melalui saluran pernafasan. Untuk penanganan yang tepat adalah dengan berusaha menghentikan pendarahan dengan cara menjepit hidung selama kurang lebih 10 menit, dengan posisi kepala yang sedikit membungkuk.

Jika ingin memasukkan sesuatu ke lubang hidung guna menghentikan pendarahan maka dianjurkan untuk menggunakan kasa steril, dan hindari penggunaan benda-benda yang bisa tertinggal di rongga hidung seperti kapas ataupun tissue. Jika mimisan terjadi karena suatu hal yang wajar maka kedua cara tersebut diatas sudah cukup mampu untuk menolong, karena nantinya pendarahan akan berhenti dengan sendirinya. Tetapi jika mimisan tidak kunjung berhenti maka akan lebih baik untuk segera memeriksakan diri ke dokter ahli atau spesialis THT.


Leave a reply "Kenali Penyebab Dan Cara Mengobati Mimisan Yang Paling Efektif"