Penyebab dan Gejala Diabetes

18 views

Diabetes Mellitus

Diabetes atau yang juga dikenal dengan istilah kencing manis adalah salah satu penyakit yang paling banyak diderita oleh masyarakat dunia tak terkecuali juga Indonesia bahkan mungkin saja Indonesia adalah merupakan salah satu negara yang memiliki jumlah penderita diabetes paling tinggi di dunia terkait dengan kebiasaan masyarakat Indonesia yang lebih memilih untuk mengkonsumsi nasi sebagai makanan pokok, karena nasi mengandung banyak sekali karbohidrat yang bisa mengakibatkan meningkatnya kandungan gula darah dalam tubuh.
Adapun jenis-jenis diabetes yang selama ini dikenal di dunia kesehatan adalah Diabetes Tipe 1, Diabetes tipe 2 dan yang terakhir adalah diabetes Gestasional, dengan kata lain jika selama ini kita sering mendengar istilah diabetes basah yang ditandai dengan timbulnya luka adalah satu istilah yang tidak dikenal di dunia medis melainkan istilah yang berkembang di masyarakat umum.
Diabetes bisa dialami oleh siapa saja khususnya bagi seseorang yang kurang melakukan gerak aktif dan tidak menjaga pola makan, diabetes terjadi karena berkurangnya jumlah insulin di dalam tubuh, insulin adalah merupakan salah satu jenis hormon yang sangat diperlukan oleh tubuh manusia agar tetap sehat, hormon tersebut dihasilkan oleh pankreas, adapun fungsi dari insulin adalah untuk menyalurkan gula darah pada setiap sel yang ada di dalam tubuh sehingga manusia memiliki tenaga untuk beraktivitas.
Ketika kandungan insulin di dalam tubuh menjadi berkurang maka orang tersebut akan menderita diabetes atau kencing manis karena gula yang diperlukan oleh otot maupun sel menjadi tidak tersalurkan dengan baik sehingga penderita diabetes akan mengalami kekurangan energi meskipun sudah mengkonsumsi banyak makanan karena memang nutrisi yang ada di dalam makanan tersebut tidak bisa menjangkau masuk ke dalam sel maupun otot yang ada di dalam tubuh.
Berikut ini akan dijabarkan penyebab maupun gejala dari masing-masing tipe diabetes.
A. Penyebab dan gejala Diabetes Tipe 1
Diabetes Tipe 1 jarang dijumpai bahkan prosentasenya hanya mencapai 10% saja. Meningkatnya gula darah yang mengakibatkan penyakit diabetes Tipe 1 ini tidak disebabkan oleh konsumsi makanan yang berlebihan, usia yang sudah mulai senja ataupun kurangnya gerak badan melainkan karena ketidaknormalan Antibodi pada tubuh orang tersebut sehingga terus melakukan tindakan perusakan pada pankreas yang mengakibatkan jumlah hormon insulin atau bahkan nyaris tidak berproduksi sama sekali.
Gejala yang ditimbulkan oleh diabetes Tipe 1 ini antara lain adalah sebagai berikut :
- Kadar gula darah yang tinggi dan hanya bisa diketahui secara pasti melalui pengecekan darah.
- Penurunan berat badan dalam jumlah yang banyak dan waktu yang sangat singkat. Hal ini disebabkan karena sel-sel maupun otot pada tubuh tidak menerima asupan nutrisi maupun energi akibat sedikitnya jumlah hormon insulin.
- Sering merasa lapar dan haus.
B. Penyebab dan gejala Diabetes Tipe 2
Penyakit diabetes tipe 2 ini sangat berkaitan erat dengan usia seseorang karena biasanya akan dialami oleh siapapun yang memiliki usia 45 tahun, di Indonesia akan banyak sekali dijumpai penderita diabetes tipe 2 ini karena dari seluruh penduduk yang ada di dunia ini komunitas atau penduduk yang bertempat tinggal di kawasan Asia rentan mengalami gangguan tersebut.
Pada prakteknya diabetes tipe 2 ini tidak jauh berbeda dengan diabetes Tipe 1 yakni pankreas mulai mengalami penurunan fungsi sehingga jumlah insulin terus menurun disetiap waktunya sehingga nutrisi yang seharusnya disalurkan oleh darah pada sel-sel tubuh menjadi menumpuk di dalam darah sehingga membuat kandungan gula darah dalam tubuh meningkat dengan signifikan.
Gejala yang ditimbulkan pada penderita diabetes tipe 2 kurang lebih sama dengan gejala yang dialami oleh penderita diabetes Tipe 1 mulai dari kehilangan tenaga sehingga mudah mengalami lelah, sering buang air kecil, mudah merasa haus dan juga lapar.
Sedikit perbedaan yang perlu diperhatikan faktor risiko antara penderita diabetes Tipe 1 dan diabetes tipe 2 adalah jika pada diabetes Tipe 1 tidak disebabkan oleh pola makan yang selama ini dijalankan maka untuk penderita diabetes tipe 2 ini sangat terpengaruh oleh kebiasaan mengonsumsi makanan yang terlalu banyak sehingga identik dengan mereka yang memiliki berat badan berlebih.
Diabetes menjadi salah satu penyakit yang banyak dihindari oleh masyarakat modern seperti sekarang ini. Mengingat bahwa penyakit ini akan mempengaruhi berbagai macam organ tubuh penderitanya bahkan salah satu efek yang sering dialami oleh penderita diabetes adalah berkurangnya penglihatan karena saraf mata mulai terkontaminasi oleh penyakit kencing manis tersebut.
Penanganan penyakit diabetes Tipe 1 dan Tipe 2 memang sedikit berbeda karena penyebabnya juga berbeda, tetapi dengan rutin berolahraga, pengaturan pola makan yang sehat serta terus memupuk pikiran positif adalah cara yang paling jitu untuk menjaga kadar gula dalam darah tetap stabil.
Hingga saat ini dokter mengatakan bahwa diabetes tidak bisa disembuhkan tetapi hanya bisa dikendalikan oleh sebab itu bagi kita yang masih dalam kondisi sehat dan memiliki pankreas yang berfungsi optimal, akan lebih baik untuk melakukan pencegahan sedini mungkin.


Leave a reply "Penyebab dan Gejala Diabetes"