Penyebab dan Gejala Hepatitis A

21 views

Gejala Hepatitis

Hepatitis adalah penyakit yang menyerang salah satu organ yang paling penting di dalam tubuh manusia yaitu hati, hepatitis itu sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yakni hepatitis A, Hepatitis B dan Hepatitis C. Semua jenis penyakit hepatitis tersebut menyerang organ yang sama yakni hati.
Penyakit hepatitis disebabkan melalui virus yang bisa dengan mudah menular ke beberapa orang dengan berbagai cara. Salah satu cara penularan yang paling sering terjadi adalah akibat kurangnya menjaga kebersihan sehingga ada beberapa jenis makanan ataupun minuman yang terkontaminasi dengan tinja penderita hepatitis A, kondisi ini tentu sangat berkaitan dengan sanitasi pada suatu negara sehingga penularan serta penyebaran penyakit hepatitis A ini menjadi sedikit berbeda antara negara yang satu dengan negara yang lainnya.
Negara-negara berkembang yang kurang menjaga kebersihan serta memiliki sanitasi yang kurang baik menjadi salah satu negara yang paling rawan terjangkit virus hepatitis A padahal virus ini akan sangat mudah menyebar luas di suatu daerah apalagi jika masyarakatnya belum pernah melakukan vaksin.
Data dari WHO menunjukkan bahwa penderita hepatitis A banyak dijumpai di benua Afrika, Amerika Selatan dan juga Asia tak terkecuali juga di Indonesia yang merupakan bagian dari kawasan Asia yaitu lebih tepatnya salah satu negara di kawasan Asia Tenggara.
Sebab-sebab terjangkitnya penyakit Hepatitis A
Salah satu sebab utama yang menjadikan seseorang menderita penyakit hepatitis A adalah dengan mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang telah terkontaminasi dengan virus tersebut dengan kata lain kebersihan makanan serta minuman menjadi tolok ukur kesehatan seseorang tetapi ada juga penyebab lain yang perlu diketahui diantaranya adalah sebagai berikut.
• Sering melakukan komunikasi dengan penderita hepatitis A rupanya bisa menjadi penyebab penularan penyakit tersebut sehingga bagi Anda yang mungkin bertempat tinggal dengan penderita hepatitis A akan memiliki risiko yang jauh lebih besar untuk juga menderita penyakit yang sama, karena penularan ini cukup melalui makanan yang dikonsumsi secara bersamaan.
• Kurang menjaga kebersihan makanan termasuk di dalamnya adalah pada saat proses pengolahannya, membersihkan makanan dengan baik akan mengurangi segala macam risiko terjangkitnya penyakit dan tentu saja salah satunya adalah hepatitis A.
• Mengkonsumsi air minum yang terkontaminasi dengan virus tersebut. Kini semakin banyak air isi ulang yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau di pasaran dan banyak diminati oleh masyarakat padahal bisa jadi virus hepatitis A juga berada di air tersebut, oleh sebab itu pastikan bahwa air minum keluarga anda benar-benar higienis sehingga dapat meminimalisir terjadinya penularan berbagai macam jenis penyakit.
• Berhubungan intim dengan penderita hepatitis A rupanya bisa menjadi salah satu penyebab penularan yang cukup tinggi.
• Penularan melalui hewan juga patut diwaspadai, beberapa jenis hewan memang memiliki potensi untuk menularkan virus Hepatitis A pada manusia seperti kera, monyet dan juga Gorilla.
• Sering melakukan penyuntikan obat-obatan terlarang juga merupakan salah satu penyebab terjangkitnya ataupun tertular hepatitis A.
Gejala Hepatitis A

1. Beberapa bagian tubuh berwarna kuning
Kita sering mendengar istilah penyakit kuning yang dikaitkan dengan gangguan organ hati istilah tersebut bukan satu istilah yang muncul begitu saja karena memang penderita gangguan hati akan mengalami perubahan warna kulit yaitu menjadi kuning. Tidak hanya pada bagian kulit saja tetapi juga pada mata. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya akumulasi jumlah bilirubin yang ada di dalam tubuh.
2. Pembengkakan organ hati
Pada kondisi ini penderita hepatitis A sudah memasuki kondisi yang cukup parah karena hati sudah terserang oleh berbagai macam jenis virus dan juga mikroba sehingga tidak bisa berfungsi lagi dengan maksimal padahal keberadaan hati memiliki manfaat yang cukup besar untuk keberlangsungan hidup manusia salah satunya adalah menetralisir racun-racun yang ada di dalam darah yang mungkin didapatkan dari makanan ataupun minuman yang dikonsumsi oleh manusia, tanpa adanya hati yang sehat maka racun-racun tersebut akan dengan mudah merusak beberapa bagian tubuh lainnya.
3. Sakit perut dan diare
Berkaitan dengan perubahan ukuran organ hati serta ketidaknormalan aktivitas yang terjadi pada organ tersebut maka secara tidak langsung juga akan mempengaruhi kondisi perut sehingga menjadi kurang nyaman biasanya keadaan ini juga diikuti dengan diare.
4. Warna tinja pucat
Salah satu cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah seseorang tersebut dalam kondisi yang sehat atau tidak adalah dengan mengamati tinja atau feses yang dikeluarkan oleh orang tersebut, bagi penderita hepatitis A salah satu gejala yang muncul pada saat melakukan buang air besar adalah perubahan warna tinja yang menjadi pucat. Perubahan warna tersebut mengindikasikan bahwa telah terjadi problem pada pankreas, kantong empedu dan juga hati.
Penyakit hepatitis A tergolong pada jenis penyakit yang cukup membahayakan keselamatan penderitanya apalagi jika tidak mendapatkan perawatan medis yang tepat, untuk langkah preventif kita bisa memaksimalkan dengan menjaga kebersihan diri, kebersihan lingkungan serta makanan yang kita konsumsi.
Disamping itu vaksin juga merupakan salah satu langkah preventif yang dianggap cukup manjur.


Leave a reply "Penyebab dan Gejala Hepatitis A"