Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung

21 views

Penyakit Jantung

Jantung merupakan organ yang paling penting untuk manusia, ketika jantung mengalami gangguan fungsi maka tentunya kesehatan seseorang akan mengalami penurunan yang cukup signifikan. Sakit jantung kerap dialami oleh masyarakat modern seperti saat ini, sebab penyakit ini sangat berkaitan erat dengan gaya hidup.
Setiap tahunnya penderita penyakit jantung semakin bertambah, kondisi ini bisa saja terjadi karena orang sudah mulai malas untuk melakukan kegiatan fisik dan lebih mengandalkan mesin untuk menyelesaikan berbagai macam tugas rumah tangga.
Jantung dikatakan tidak sehat ketika terjadi beberapa kondisi tertentu seperti detak jantung yang tidak normal ( Arrhythmia ), kualitas pembuluh darah yang menurun dan juga kelainan jantung yang sudah ada sejak lahir.
Dari 3 jenis gangguan jantung tersebut, gangguan yang berupa ketidaknormalan pembuluh darah adalah kasus yang paling banyak dijumpai, karena dipicu oleh munculnya plak pada lorong pembuluh darah arteri. Semakin hari plak akan terus bertambah jika tidak segera ditangani dengan tepat, dan kejadian ini akan meningkatkan risiko terkena penyakit jantung dan bahkan stroke. Penyakit jantung yang disebabkan oleh gangguan fungsi pembuluh darah ini disebut juga dengan nama Atherosclerosis.
Ketika jantung sudah pernah mengalami gangguan fungsi, baik dalam skala ringan ataupun berat maka secara keseluruhan kualitas kesehatan seseorang menjadi rawan. Untuk itu penting bagi kita semua mengetahui berbagai penyebab penyakit jantung.
Penyebab Penyakit Jantung
• Stress
Stress sering menyebabkan gangguan kesehatan, ketika seseorang merasa tertekan karena memikirkan sesuatu maka akan mempengaruhi degupan jantung termasuk juga akan merangsang peningkatan produksi asam lambung yang juga bisa menyebabkan beberapa penyakit lainnya.
• Kolesterol Jahat ( LDL )
Di dalam darah manusia terdapat dua jenis kolesterol yaitu kolesterol jahat ( LDL ) dan kolesterol baik ( HDL ). Kedua jenis kolesterol ini saling bersaing, jika HDL memiliki dominasi yang kuat maka LDL secara otomatis akan menipis dengan sendirinya, hukum ini berlaku sebaliknya.
Kadar kolesterol LDL akan menjadi bibit masalah yang patut diwaspadai jika sudah mencapai lebih dari 100 mg / dl. Penumpukan kolesterol jahat yang terlalu banyak akan menyebabkan peredaran darah menjadi terhambat dan tentu akan mempengaruhi organ jantung.
• Kencing manis ( Diabetes )
Kelebihan gula darah yang dikenal dengan kencing manis bisa merusak beberapa saraf yang ada di dalam tubuh manusia, termasuk juga pembuluh darah maupun saraf yang bertugas untuk memanajemen jantung.
Penderita diabetes yang tidak bisa mengontrol gula darah agar kembali normal akan sangat mudah sekali mengalami gangguan penyakit jantung sebab lama kelamaan gula darah yang berlebih tersebut dapat merusak pembuluh darah.
• Hipertensi
Tekanan darah tinggi atau hipertensi menjadi penyebab gangguan jantung yang paling sering dijumpai, khususnya untuk jenis gangguan Atherosclerosis.
• Obesitas
Mengkonsumsi makanan yang lezat memang sering membuat kita lupa diri dan hal inilah yang menjadikan seseorang mengalami obesitas, apalagi jika kita adalah termasuk orang yang kurang melakukan aktifitas fisik, lemak akan sangat nyaman berada di dalam tubuh kita hingga akhirnya menyebabkan obesitas.
Gejala Penyakit Jantung
• Dada terasa nyeri
Salah satu gejala penyakit jantung yang sering dialami adalah rasa nyeri pada bagian dada, ketika rasa nyeri muncul, sebenarnya yang terjadi di dalam tubuh adalah organ jantung tidak mendapatkan aliran darah secara menyeluruh, sehingga pada bagian tersebut akan mengalami kekurangan oksigen dan menimbulkan rasa nyeri.
• Sesak nafas
Kesulitan dalam bernafas akan dialami oleh penderita penyakit jantung saat kelelahan atau melakukan gerakan refleks secara berlebihan.
• Jantung terasa berdebar
Inilah salah satu gejala gangguan jantung yang paling konkrit untuk mengindikasikan bahwa jantung seseorang sedang dalam kondisi yang kurang bagus. Normalnya, jantung akan berdetak dengan konsisten, sehingga jika jantung mengalami gangguan kesehatan maka intensitas detak jantung akan langsung mengalami perubahan.
• Kaki bengkak
Letak organ jantung memang sangat berjauhan dengan kaki, tetapi ketidaknormalan kinerja jantung bisa mempengaruhi ukuran kaki mengalami pembengkakan, hal ini terjadi karena terjadinya akumulasi cairan yang terlalu berlebihan.
• Mudah lelah dan lemas
Karena memang jantung sebagai pemompa darah tidak berfungsi dengan baik maka ada beberapa sel-sel tubuh yang tidak tersuplai oleh oksigen dalam jumlah yang cukup sehingga menyebabkan penderita penyakit jantung akan merasa mudah lelah dan badan terasa lemas.
• Warna kulit kebiruan
Darah yang kaya akan oksigen akan memiliki warna merah segar, namun warna tersebut akan berbeda ketika darah kekurangan oksigen yakni berwarna biru. Jantung yang tidak normal akan tetap memompa darah yang tidak mengandung oksigen ke seluruh tubuh sehingga menyebabkan warna kulit ikut terpengaruh menjadi kebiruan.
Untuk pencegahan penyakit jantung ini, kita bisa mengupayakannya dengan cara menjaga pola makan agar tidak sampai mengalami obesitas, olah raga secara rutin, menghindari alkohol, menghindari stress dan melakukan pemeriksaan kesehatan secara menyeluruh.


Leave a reply "Penyebab dan Gejala Penyakit Jantung"